Begini Cara Menyembuhkan Sariawan Dengan Cepat

Tips menyembuhkan sariawan

Menyembuhkan Sariawan – Stomatitis atau yang biasa disebut sariawan merupakan suatu inflamasi atau peradangan yang terdapat pada mulut dan biasanya dimulai dengan adanya jaringan mukosa yang memerah dahulu, kemudian membentuk ulkus atau luka, dan luka sariawan biasanya berbentuk bulat, oval, atau bahkan bisa saja berbentuk tidak beraturan tetapi memiliki batas tepi yang tegas.

Meski bukan termasuk dalam jenis penyakit yang berbahaya, akan tetapi adanya sariawan sangat mengganggu dan sering membuat kita merasa jengkel, sebab aktivitas sehari-hari kita seperti makan, minum, atau bahkan menggosok gigi terasa menyakitkan. Sariawan sendiri bisa menyerang siapapun, baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa, maupun orang tua.

Baca Juga: Tips Membuat Ramuan Alami untuk Obat Sariawan

Walaupun luka yang ditimbulkan dari sariawan terlihat kecil dan sepele, tapi rasa sakitnya begitu mengganggu sehingga dapat pula menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Maka dari itu, sariawan perlu segera diobati terutama untuk menghilangkan rasa sakitnya. Meski sebenarnya sariawan itu sendiri akan sembuh begitu saja namun memang memerlukan waktu yang cukup lama.

Cara Mengobati Sariawan yang Efektif dan Cepat Secara Alami

Untuk mengobati sariawan yang efektif dan cepat, anda dapat mengobati sendiri dengan melakukan perawatan yang cukup dilakukan dirumah. Perawatan tersebut juga dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan yang diakibatkan oleh sariawan, serta dapat pula membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan yang sedang anda derita.

Perawatan untuk mengobati sariawan dirumah sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak, bahkan dapat memanfaatkan bahan-bahan tradisional alami yang bisa anda temukan langsung disekitar rumah anda. Berikut ini obat alami sariawan serta cara yang dapat anda lakukan:

Air Garam

Obat alami yang paling mudah sekali didapatkan dan efektif untuk mengatasi sariawan ini adalah dengan menggunakan air garam, sebab garam sendiri memiliki kandungan natrium klorida yang tinggi sehingga dapat mengosmosis jaringan yang selanjutnya dapat membantu menyembuhkan abses dan luka seperti sariawan tersebut.

Cara menyembuhkan sariawan dengan garam

  • Siapkan 1 gelas air dan pastinya garam sebanyak 2 sendok makan
  • Campur kedua bahan tersebut hingga menjadi sebuah larutan
  • Kemudian gunakan untuk berkumur selama 30 detik
  • Lakukanlah cara ini sehari 3 kali.

Kantong Teh

Apabila anda suka atau sedang meminum teh seperti teh katong, jangan buang kantong teh tersebut, karena dapat digunakan untuk membantu mengobati sariawan yang sedang anda derita.

Kantong teh yang mengandung asam tanat, atau seperti zat yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan bahkan membantu mempercepat proses penyembuhan luka sariawan.

Hal yang perlu anda lakukan untuk menyembuhkan sariawan dengan kantong teh

  • Apabila anda setelah membuat secangkir teh, ambillah kantong tehnya lalu simpan di lemari pendingin selama beberapa menit
  • Kemudian tempelkan secara langsung pada luka sariawan yang sedang anda alami dengan sedikit menekan kantong teh pada daerah sariawan selama 15 sampai 20 menit
  • Anda dapat lakukan cara ini 2 kali dalam sehari.

Es Batu

Dinginnya es batu dapat memperlambat aliran darah ke pusat luka sariawan, sehingga dapat mengurangi rasa sakit serta pembengkakan yang selanjutnya dapat menenangkan dan mengurangi peradangan yang terjadi.

  • Hal pertama yang perlu anda siapkan pastinya es batu yang berukuran kecil
  • Selanjutnya tempelkan pada luka sariawan dan diamkan hingga rasa nyeri dan sakit pada sariawan anda benar-benar merasa reda
  • Anda dapat melakukan hal ini berulang kali ketika rasa sakit dan nyeri pada sariawan tiba-tiba terasa.

Madu

Bahan dapur yang satu ini memang terkenal sebagai bahan yang memiliki beribu-ribu manfaat, termasuk mengatasi sariawan. Hal yang menjadi alasan mengapa madu sangat bermanfaat sekali sebagai bahan untuk mengatasi sariawan, sebab madu memiliki sifat penenang yang mampu meringankan rasa sakit yang di akibatkan dari luka sariawan, selain itu madu juga mempunyai sifat antiseptik serta antibakteri yang bisa membantu mempercepat penyembuhan sariawan. Caranya cukup mudah, yaitu:

  • Pertama anda perlu siapkan satu sendok teh madu
  • Kemudian oleskan pada luka sariawan yang sedang anda alami
  • Diamkan beberapa saat, lalu anda tidak perlu membilasnya, anda dapat menelan madu tersebut, sebab seperti yang kita ketahui sendiri, bahwa madu memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh
  • Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari sampai sariawan anda sembuh.

Ketumbar

Siapa sangka jika ternyata ketumbar atau lebih tepatnya pada daunnya juga dapat bermanfaat sebagai salah satu pilihan bahan alami yang mampu mengatasi sakitnya sariawan. Hal ini dikarenakan oleh kandungan sifat inflamasi, anti jamur, serta antiseptik yang dimiliki ketumbar dan sangat bekerja efektif untuk mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman yang disebabkan oleh sariawan.

  • Pertama-tama anda siapkan segenggam daun ketumbar dan 1 gelas air
  • Lalu rebus daun ketumbar tersebut dan saring airnya
  • Apabila air rebusan sudah dingin, gunakan air tersebut untuk berkumur, dan anda dapat melakukan hal seperti ini 3 kali dalam sehari
  • Selain itu, anda juga dapat menambahkan 1 sendok teh biji ketumbarnya untuk membuat obat kumur tersebut.

Cabe Rawit

Bumbu dapur yang satu ini merupakan bahan alami yang sangat bermanfaat sekali untuk membantu mengobati sariawan, serta pastinya paling mudah untuk ditemukan dirumah.

Kandungan capcasin yang ada di dalam cabe rawit dapat mematikan sementara sistem saraf penyebab rasa sakit yang timbul dari sariawan. Sehingga mampu memberikan bantuan langsung secara instan terhadap rasa sakit serta peradangan yang terjadi pada sariawan. Dibawah ini cara mengobati sariawan dengan cabe rawit:

  • Anda hanya perlu ambil satu buah cabe rawit lalu haluskan dan tambahkan sedikit air
  • Setelah itu oleskan langsung secara perlahan pada sariawan yang anda alami
  • Memang akan terasa sedikit nyeri pada luka sariawan yang diolesi cabe rawit halus tersebut, akan tetapi rasa itu akan segera hilang
  • Lakukanlah hal ini 2 kali dalam sehari.

Minyak Kelapa

Bahan alami minyak kelapa ini merupakan bahan yang dapat anda gunakan sebagai solusi untuk mengatasi sakit sariawan yang paling efektif dan caranya juga cukup mudah. Menurut penelitian, minyak kelapa memiliki kemampuan sebagai antimikroba. Sehingga minyak kelapa dapat menyembuhkan sariawan yang disebabkan oleh bakteri itu sendiri dan dapat pula mencegah bakteri yang ada pada sariawan itu menyebar.

Selain antimikroba, minyak kelapa juga memiliki sifat sebagai anti inflamasi yang mampu mengurangi rasa nyeri serta dapat menyembuhkan peradangan yang ada pada sariawan dengan waktu yang singkat.

Cara untuk menggunakan minyak kelapa sebagai obat sariawan ini sangat mudah dan simpel, yaitu sebagai berikut ini:

  • Caranya cukup anda siapkan saja minyak kelapa murni secukupnya saja
  • Selanjutnya anda oleskan pada area yang sedang mengalami sariawan, lalu diamkan beberapa menit
  • Setelah itu bilaslah dengan air bersih
  • Anda bisa melakukan hal ini 2 sampai 3 kali sehari.

Dengan perawatan secara alami seperti yang telah dijelaskan diatas, maka anda akan dapat mengatasi sakitnya sariawan dengan  cepat dan pastinya juga dengan mudah. Sebab bahan-bahan yang diperlukan juga tidak susah untuk didapatkan. Demikian artikel ini, semoga dapat bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed