Begini Bahaya Fast Food Bagi Ibu Hamil dan Janin

Makanan cepat saji memang lezat dan praktis. Namun yang praktis tidak selamanya baik untuk kesehatan terutama ketika sedang mengandung. Ibu hamil sangat tidak disarankan mengonsumsi makanan cepat saji. Hal ini karena kandungan fast food yang lebih banyak pengawetnya dibandingkan nutrisinya. Seperti yang kita ketahui bahwa ibu hamil memiliki kondisi fisik yang sangat rentan dan memerlukan nutrisi yang lebih banyak. Oleh sebab itu memilih makanan yang baik amat diperlukan selama kehamilan.

Baca juga : 5 Kebiasaan Ibu Hamil Ini Dapat Membuat Bayi Cerdas

Makanan cepat saji seperti mie instan, aneka jenis makanan instan lainnya dibuat dengan komposisi bahan pengawet tinggi. Banyak ibu hamil yang mengabikan larangan mengonsumsi makanan siap saji ini dan berakibat buruk pada dirinya dan janin di dalam kandungan. anda mesti tahu apa saja bahaya fast food tersebut agar memiliki alasan kuat untuk menggantinya dengan makanan lain yang lebih sehat. Berikut ulasan lengkapnya untuk berbagai bahaya fast food bagi kehamilan.

Berbagai Bahaya Fast Food Bagi Kehamilan

  1. Janin kekurangan asupan nutrisi

Bila ibu hamil selalu mengonsumsi makanan cepat saji, maka nutrisi yang didapatkan tidak mencukupi untuk dirinya dan janin di dalam kandungan. akibatnya anak akan kekurangan asupan gizi. Hal tersebut sangat berbahaya karena bisa menggangu tumbuh kembang janin. Anak bisa saja lahir dengan perkembangan otak yang tidak maksimal atau sistem saraf dan organ lainnya yang tidak tumbuh secara baik.

  1. Obesitas

Obesitas besar resiko terjadinya pada ibu hamil maupun janin jika kerap mengonsumsi makanan siap saji. Nutrisi yang diterima oleh ibu hamil akan diteruskan sampai pada janin. Kandungan lemak dan bahan pengawet tinggi sangat buruk dampaknya untuk kesehatan. Timbunan lemak akan semakin banyak dan lemak tersebut akan diserap oleh bayi. ibu hamil pun akan memiliki resiko lebih besar terkena penyakit yang terkait dengan obesitas.

  1. Mempersulit persalinan

Fast food memiliki kandungan lemak tinggi dan serat yang sedikit. Selain mempersulit pencernaan, makanan siap saji ini juga bisa menggangu proses persalinan anda. timbunan lemak yang tinggi, tekanan darah yang tidak stabil serta kekurangan asupan nutrisi sangat memperbesar resiko sulitnya persalinan normal. anda memerlukan penanganan khusus yang akan mempersulit persalinan.

  1. Memicu diabetes

Tak hanya bagi wanita normal, makanan cepat saji juga bisa memicu penyakit diabetes. Karbohidrat sederhana yang dimiliki makanan satu ini, lemak, serta kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan gangguan proses metabolisme dan pemecahan glukosa dalam tubuh. hal ini akan memperbesar resiko diabetes. Janin pun akan kesulitan mengambil nutrisi pada sang ibu dan memperbesar resiko diabetes pada anak.

  1. Memicu keguguran

Makanan cepat saji seperti mie instan atau makanan instant lainnya jika terlalu berlebihan dikonsumsi ibu hamil akan memicu keguguran. Kekurangan nutrisi, efek bahan pengawet di dalam makanan, serta kandungan lemak tinggi bisa menyebabkan ibu hamil memiliki resiko besar mengalami keguguran. Ganti makanan cepat saji tersebut dengan jenis makanan sehat lainnya demi kehamilan anda.

Nah itu dia berbagai bahaya fast food pada janin dan ibu hamil yang sebaiknya perlu anda waspadai. Semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed