6+ Tempat Wisata di Aceh yang Tak Boleh Dilewatkan

Wisata Aceh – Siapa yang ingin berwisata ke Aceh? Sepertinya semuanya akan mengacungkan tangan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Ya, siapa yang tidak ingin berwisata ke provinsi paling barat Indonesia ini? Ada banyak tempat wisata menarik di Aceh yang bisa dikunjungi. Selain itu, julukannya sebagai Serambi Mekah juga menimbulkan rasa ingin tahu sebagian besar orang bagaimana  suasana sebenarnya di Aceh. Kali ini kita akan mengulas enam destinasi utama yang tidak boleh dilewatkan jika sedang berwisata ke Aceh.

 

  1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman adalah ikon Kota Aceh. Masjid ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam sehingga menjadi masjid Kesultanan Aceh pada zamannya. Masjid yang telah berdiri sejak ratusan tahun lalu ini adalah destinasi religi yang hampir selalu dikunjungi oleh wisatawan dari luar Aceh. Apalagi masjid ini pernah menjadi saksi bisu dalam bencana tsunami Aceh pada tahun 2004. Bangunannya yang tetap kokoh setelah diterjang gelombang tsunami dan gempa 7,5 skala Richter membuat masjid ini disebut-sebut sebagai bukti kebesaran Tuhan.

Terletak di tengah kota Aceh, masjid ini sangat mudah ditemukan. Apalagi lokasinya berdekatan dengan pasar tradisional Aceh yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setiap hari. Pengunjung yang datang ke sini biasanya akan menyempatkan waktu untuk shalat di sana, mempelajari sejarah masjid, menikmati keindahan arsitektur masjid, dan tentu saja berfoto mengabadikan keindahan masjid.

  1. Museum Tsunami

Bencana alam besar yang pernah dirasakan Aceh pada tahun 2004 membawa duka yang mendalam bagi para warganya. Untuk memperingati dan menghormati korban yang meninggal dalam peristiwa tersebut maka didirikanlah Museum Tsunami di Jalan Sultan Iskandar Muda pada tahun 2009.

Di dalam museum ini terdapat banyak benda sisa-sisa bencana, foto para korban, dan cerita kesaksian korban selamat. Sebagai tempat untuk mengenang tragedi tersebut, museum ini juga dimaksudkan sebagai pusat pembelajaran tentang tsunami dengan adanya alat simulasi gempa bumi. Selain itu, tempat ini juga didesain sedemikian rupa agar dapat menjadi tempat perlindungan yang aman jika tsunami kembali menerjang. Museum ini buka setiap hari kecuali hari Jumat pada pukul 10.00-17.00.

  1. Taman Wisata Alam (TWA) Pulau Weh

Taman Laut Pulau Weh menawarkan keindahan bawah laut bagi para wisatawan yang hobi snorkeling atau menyelam. Keindahan bawah laut Pulau Weh ini bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara, hingga tak asing banyak turis asing yang datang ke sini untuk menyelam.

Pesona terumbu karangnya yang masih asri serta jenis ikan lautnya yang banyak sekali membuat Taman Laut Pulau Weh tidak boleh dilewatkan saat berwisata ke Aceh. Kegiatan water sport di permukaan laut juga lengkap bisa dilakukan di sini seperti berenang, berselancar, memancing, dan lain-lain.

Fasilitas wisata di Aceh satu ini sangat lengkap seperti penginapan, shelter, alat-alat olahraga air, warung, masjid, kios cinderamata, kamar mandi, dan toilet. Hal ini membuat wisatawan tak sungkan datang kemari meskipun jaraknya lumayan jauh dari Kota Aceh yaitu 32 km dengan menggunakan kapal cepat atau ferry.

  1. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer didirikan di titik awal perhitungan wilayah Indonesia bagian barat. Tugu ini terletak di Desa Iboih Ujung Ba’u, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Sabang. Tugu ini juga termasuk ke dalam kawasan Hutan Wisata Sabang. Tugu ini berdiri di sebuah bukit yang jika berdiri di atasnya akan langsung kelihatan laut biru membentang dan masih termasuk ke dalam kawasan TWA Pulau Weh.

Lokasi ini juga merupakan salah satu bagian Pulau Weh yang dinobatkan sebagai kawasan hutan lindung. Sehingga perjalanan menuju ke sana akan banyak menemui pepohonan dan beragam jenis binatang terutama monyet yang yang berkeliaran dengan bebas. Untuk mencapai Tugu Nol Kilometer ini, kita bisa mencapainya dengan naik kapal dari pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh selama 3 jam.

  1. Taman Sari Gunongan

 

Taman sari Gunongan adalah taman sejarah di Aceh yang harus dikunjungi, karena sudah berdiri sejak abad ke-16. Gunongan sendiri adalah bangunan 3 tingkat yang terletak di tengah-tengah taman. Tingginya sekitar 9,5 meter dengan puncak bangunan berbentuk bunga yang sedang mekar. Konon, Taman Sari Gunongan ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda khusus untuk permaisurinya Putri Kamaliah yang berasal dari Negeri Pahang, Malaysia.

Di taman ini terdapat peterana (batu berukir) yang berfungsi sebagai tahta tempat penobatan sultan. Ada banyak peterana yang melukiskan berapa jumlah sultan yang sudah pernah dinobatkan di Aceh. Di taman ini juga terdapat pemakaman keluarga sultan Kerajaan Aceh yang bernama Kandang Raja. Taman Sari Gunongan ini terletak di jantung Kota Banda Aceh, tepatnya di Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

  1. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dinobatkan menjadi salah satu paru-paru dunia. Tak heran, TNGL dinobatkan dalam skala global sebagai Cagar Biosfer pada tahun 1981 dan sebagai World Heritage pada tahun 2004. Kedua status tersebutkan diberikan oleh UNESCO. Selain masuk ke dalam Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, TNGL juga masuk ke dalam Provinsi Sumatera Utara.

TNGL adalah sebuah hutan lebat dengan keanekaragaman hayati yang tinggi. Saking luas dan beragamnya hutan TNGL, ada beberapa jenis hutan di sana seperti hutan bakau, hutan hujan dataran rendah, hutan lumut, dan hutan rawa. Jenis faunanya banyak yang termasuk ke dalam daftar hewan langka seperti orang utan Sumatera, harimau Sumatera, badak Sumatera, tapir, dan gajah Sumatera.

Ekosistemnya dari dataran rendah, pantai, hingga pegunungan dengan tofografi beraneka ragam seperti sungai, danau, sumber air panas, lembah dan air terjun. Ada 4 lokasi utama wisata TNGL sering dijadikan sebagai tempat wisata. Di wilayah Provinsi NAD ada Kedah dan Lawe Gurah. Kedah adalah pintu masuk bagi para pendaki yang ingin mendaki Gunung Leuser (3.404 mdpl). Sedangkan diLawe Gurah terdapat wisata pemandian air panas dan habitat bunga rafflesia yang terkenal.

Nah itulah tadi enam tempat wisata di Aceh yang jadi incaran wisatawan, jangan sampai kamu melewatkan destinasi-destinasi tersebut saat berlibur ke Aceh. Selamat liburan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed